You are here Home

Visi Misi dan Tujuan

VISI FAKULTAS HUKUM UNISSULA

Visi FAKULTAS HUKUM adalah Menjadi Fakultas Hukum dengan reputasi nasional dan internasional yang beradab, adil, sejahtera dengan dijiwai nilai-nilai Islam untuk mewujudkan generasi khaira ummah pada tahun 2024.

MISI FAKULTAS HUKUM UNISSULA

Fakultas Hukum UNISSULA menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang hukum yang berorientasi pada terwujudnya proses pembelajaran dan mutu lulusan yang bereputasi nasional meliputi :

1. Menghasilkan lulusan dan mengembangkan sumber daya insani pada semua program pendidikan tinggi bidangilmu hukum dalam rangka membangun generasi Khaira Ummah yang memiliki ilmu pengetahuan hukum yang mendalam, luas dan mutakhir, memiliki sikap integritas dan moralitas terbaik serta memiliki keterampilan di bidang hukum untuk mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan masyarakat yang di rahmati Allah SWT.

2. Mewujudkankegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu hukum atau menghasilkan gagasan baru di bidang hukum atas dasar nilai-nilai luhur bangsa Indonesia atau nilai-nilai ajaran islam.Dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengimplementasikan hasil penelitian dosen atau mahasiswa dalam upaya menyelesaikan problematika masyarakat di bidang hukum.

3. Mewujudkan kerjasama di bidang tri dharma perguruan tinggi dengan institusi/perguruan tinggi di luar negeri maupun dalam negeri yang relevan dengan bidang keahlian Fakultas Hukum UNISSULA.

TUJUAN FAKULTAS HUKUM UNISSULA

1. Terlaksananya pendidikan tinggi ilmu hukum yang mencakup program pendidikan sarjana ilmu hukum (S1), magister (S.2) ilmu hukum, magister (S2) kenotariatan dan doktor (S.3) ilmu hukum yang menghasilkan generasi khaira ummahuntuk mengembangkan ilmu hukum atau menemukan teori baru/gagasan pemikiran baru di bidang hukum atas dasar nilai-nilai dasar Islam dan atau nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

2. Terlaksananya penelitian di bidang ilmu hukum guna mengembangkan ilmu hukum dan atau penemuan teori baru/konsep baru/gagasan pemikiran baru di bidang hukum. Dan terlaksananya pengabdian masyarakat di bidang ilmu hukum sebagai implementasi hasil penelitian dosen atau mahasiswa  yang mampu menyelesaikan problematika masyarakat di bidang hukum.

3. Terlaksananya silaturahmi dengan pusat-pusat pengembangan ilmu hukum dan pemerintahan, industri, institusi penegak hukum, partai politik, organisasi kemasyarakatan/lembaga swadaya masyarakat guna mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan masyarakat yang dirahmati Allah subhanahu wata’ala.

4. Terlaksananya proses evaluasi diri yang konsisten setiap semester dan berkelanjutan guna meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu lulusan.

5. Terlaksananyapeningkatan standar mutu proses pembelajaran, kelulusan, kelembagaan, administrasi dan sistem informasi manajemen.

6. Terlaksananya kerjasama di bidang tri dharma perguruan tinggi dengan institusi/perguruan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri yang relevan dengan pengembangan Fakultas Hukum UNISSULA yang mendukung pelaksanaan visi, misi Fakultas Hukum UNISSULA serta berdampak untuk pengembangan Fakultas Hukum UNISSULA.

SASARAN FAKULTAS HUKUM UNISSULA

1. Tersedianya kurikulum,rencana pembelajaran semester (RPS), kontrak perkuliahan yang memenuhi kebutuhan stakeholder atau pengguna lulusan serta mengikuti perkembangan ilmu hukum.

2. Tersedianya lulusan Fakultas Hukum UNISSULA yang profesional, adil, beradab dan mensejahterakan serta berakhlak mulia.

3. Tersedianya dosen Fakultas Hukum UNISSULA yang memiliki pendidikan doktor hukum dan jabatan fungsional akademik guru besar.

4. Tersedianya penelitian dosen atau mahasiswa yang mampu melahirkan pengembangan ilmu hukum/gagasan pemikiran baru/konsep baru/teori baru yang berguna bagi pembangunan nasional.

5. Tersedianya pengabdian kepada masyarakat yang implementasikan hasil penelitian dosen atau mahasiswa dan mampu menyelesaikan problematika masyarakat dibidang hukum.

6. Tersedianya kerjasama di bidang tri dharma perguruan tinggi dengan institusi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

7. Terwujudnya publikasi karya ilmiah di jurnal nasional maupun jurnal internasional.

8. Tersedianya sarana dan prasarana untuk menunjang kualitas pengembangan Fakultas Hukum UNISSULApada kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

9. Tersedianya sistem informasi yang mampu meningkatkan kualitas lulusan dan proses pembelajaran Fakultas Hukum UNISSULA.

10. Tersedianyapelaksanaan penjaminan mutu secara teratur dan berkelanjutan pada Fakultas Hukum UNISSULA.

11. Tersedianya tenaga kependidikan yang mendukung proses pembelajaran dan mutu lulusan Fakultas Hukum UNISSULA.

12. Tersedianya mutu lulusan yang mampu bersaing dan berkompetensi di dunia kerja.