You are here Home

Visi Misi dan Tujuan

VISI :

Program Studi Ilmu Hukum setara dengan Perguruan Tinggi yang berkualitas ditingkat nasional dan internasional dalam mengembangkan ilmu hukum atas dasar nilai-nilai Islam, guna menegakkan hukum, keadilan dan hak asasi manusia, mewujudkan Generasi Khaira Ummah menuju masyarakat beradab, adil dan sejahtera yang dirahmati Allah S.W.T. dalam kerangka rahmatan lil’alamiin.

MISI :

Menyelenggarakan pendidikan hukum yang berorientasi pada kualitas dan kesetaraan universal, dengan :

  1. Mengembangkan ilmu hukum atas dasar nilai-nilai Islam dan /atau nilai nilai luhur bangsa Indonesia untuk memajukan pendidikan hukum dan mensejahterakan masyarakat melalui bidang ilmu hukum.
  2. Mendidik dan mengembangkan sumber daya insani pada semua program pendidikan tinggi bidang ilmu hukum dalam rangka membangun generasi Khaira Ummah yang menjunjung tinggi etika profesi dengan kualitas kecendikiawanan dan kepakaran standar tertinggi, serta melaksanakan tugas kepemimpinan dan dakwah.
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian secara dinamis dengan melakukan perbaikan kelembagaan sesuai dengan hasil pengembangan ilmu hukum atas dasar nilai-nilai Islam dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya membangun peradaban Islam melalui bidang ilmu hukum, guna menyelesaikan problematika masyarakat di bidang hukum.
  5. Mengembangkan gagasan dan kegiatan agar secara dinamis dapat melakukan perbaikan kelembagaan sesuai dengan hasil rekonstruksi dalam pengembangan Ilmu Hukum atas dasar nilai-nilai Islam dan /atau nilai nilai luhur bangsa Indonesia.
  6. Melaksanakan kerjasama dibidang tri dharma perguruan tinggi dengan intitusi/perguruan tinggi di luar negeri maupun didalam negeri sesuai dengan visi, misi dan Renstra Fakultas Hukum Unissula.

TUJUAN

  1. Terselenggaranya proses pengembangan ilmu hukum atas dasar nilai-nilai Islam dan/atau Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia secara konsisten dan berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat menuju masyarakat adil dan sejahtera yang dirahmati Allah S.W.T.
  2. Terselenggaranya silaturahmi yang intensif dengan pusat-pusat pengembangan ilmu hukum dan hukum di seluruh dunia.
  3. Terwujudnya pusat unggulan pengembangan ilmu hukum dalam bidang Hukum Islam, Hukum Konstitusi, Hukum Perbankan, Badan Penelitian Ketenagakerjaan dan Korupsi (BPKP), Pusat Studi Pencegahan Penyelewengan Kewenangan Kewenangan Negara (PS-P2KN), Hukum Lingkungan, Hukum Pemerintahan (HTN, HAN), Hukum Ekonomi Islam dan Hak Asasi Manusia.
  4. Terbentuknya jamaah pendidikan yang anti korupsi, bertakwa dengan kecendikiawanan dan kepakaran di bidang ilmu hukum dengan kesetaraan universal, menjunjung tinggi etika profesi, menguasai nilai-nilai dasar Islam dan /atau nilai nilai luhur bangsa Indonesia, Istiqomah melaksanakan tugas pendidikan, berkarya ilmiah dan mengemban tugas-tugas kepemimpinan dan dakwah.
  5. Terselenggaranya pendidikan ilmu hukum yang mencakup program pendidikan sarjana Ilmu Hukum (S1), magister Ilmu Hukum (MIH), Magister Kenotariatan (MKN), Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) yang menghasilkan generasi khaira ummah dengan menguasai ilmu hukum dengan kesetaraan universal, memiliki jiwa kewirausahaan, menguasai nilai-nilai dasar Islam dan/atau nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, menjunjung tinggi etika profesi, memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan siap melaksanakan tugas kepempimpinan dan dakwah.
  6. Terselenggaranya penelitian di bidang ilmu hukum guna mengembangkan ilmu hukum dan penemuan teori baru di bidang hukum.
  7. Terselenggaranya pengabdian masyarakat di bidang ilmu hukum yang mampu menyelesaikan problematika masyarakat di bidang hukum.
  8. Menjadi rujukan dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat di bidang hukum yang dijiwai oleh nilai nilai dasar islam dan/atau nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
  9. Terselenggaranya silaturahmi yang intensif dengan masyarakat dan partisipasi aktif dalam upaya membangun masyarakat adil sejahtera yang di rahmati Allah subhanahu wata'ala, dan anti korupsi.
  10. Terselenggaranya proses evaluasi diri secara teratur dan berkelanjutan.
  11. Terselanggaranya proses yang konsisten dalam penyempurnaan kelembagaan, administrasi dan sistem informasi manajemen untuk menunjang kualitas pembinaan dan pengembangan fakultas di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.