You are here Akademik Perkuliahan dan Evaluasi

Perkuliahan Evaluasi Studi

Perkuliahan.

Perkuliahan yang dimaksud adalah perkuliahan di Fakultas Hukum UNISSULA:

1. Setiap tahun ajaran dibagi dalam dua semester yang meliputi semester gasal/ganjil dan semester genap yang dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik Fakultas Hukum UNISSULA.

2. Kuliah efektif setiap semester adalah 16 minggu dan selebihnya digunakan untuk ujian dan kegiatan lainnya.

3. Pada setiap awal semester mahasiswa wajib mendaftarkan diri/registerasi sebagai syarat untuk dapat mengkuti kegiatan akademik seperti perkuliahan, ujian dan sebagainya.

4. Mahasiswa yang tidak melakukan kegiatan registrasi pada waktu yang telah ditentukan tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan akademik.

5. Berdasarkan pertimbangan tertentu dan ditetapkan oleh keputusan dekan, Fakultas Hukum UNISSULA dapat menyelenggarakan kuliah semester pendek yang pelaksanaannya diatur dalam keputusan dekan.

6. Persyaratan akademik untuk mengikuti kuliah semester pendek adalah telah menempuh mata kuliah yang bersangkutan dalam semester reguler dan memperoleh maksimal nilai BC disamping persyaratan administrasi lainnya sebagaimana diatur tersendiri dalam aturan pelaksanaan semester pendek berdasarkan Keputusan Dekan.

Evaluasi Studi.

1. Jenis Evaluasi Studi

a. Evaluasi mahasiswa dalam menempuh mata kuliah ditentukan dengan ujian.

b. Evaluasi studi meliputi :

- Ujian tengah semester/ujian mid. Semester (UTS) dengan bobot penilaian 40 %.

- Ujian akhir semester (UAS) dengan bobot penilaian 50 %

- Tugas terstruktur (TT) dengan bobot penilaian 10 %.

- Ujian penulisan hukum/skripsi sebagaimana tahap akhir mahasiswa menyelesaikan program studi.

- Ujian susulan adalah ujian yang dilakukan oleh mahasiswa karena alasan tertentu (dengan disertai bukti/surat keterangan) tidak dapat mengikuti UTS dan atau UAS sesuai jadwal setelah mendapatkan rekomendasi dari dekan atau wakil dekan I.

- Ujian semester pendek adalah pelaksanaan ujian setelah mahasiswa mengikuti kuliah semester pendek yang pelaksanaannya ditentukan oleh keputusan dekan.

- Ujian KKP adalah ujian yang di ikuti oleh mahasiswa setelah mengikuti kegiatan KKP yang pelaksanaannya ditentukan oleh keputusan dekan.

- Ujian penulisan hukum adalah ujian yang di ikuti oleh mahasiswa setelah memenuhui persyaratan ujian penulisan hukum yang pelaksanaannya ditentukan oleh Keputusan Dekan.

 

 

2. Pelaksanaan Evaluasi Studi.

a. Pelaksanaan jadwal dan tata tertib ujian disesuaikan dengan penanggalan akademik dan ditetapkan oleh Dekan.

b. Mahasiswa diperbolehkan mengikuti ujian suatu mata kuliah dengan sekurang-kurangnya 75% mengikuti kuliah dari seluruh kegiatan perkuliahan dan memenuhi syarat-syarat administrasi keuangan.

c. Tugas terstruktur (TT) adalah tugas yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa yang dapat berupa identifikasi berita hukum, artikel hukum dengan diberi analisis mahasiswa, resume hukum, analisis kasus hukum, karya ilmiah hukum dan sebagainya.

d. Ujian penulisan hukum dilakukan secara lisan oleh majelis penguji yang terdiri dari tiga dosen penguji yang salah satu diantaranya adalah dosen pembimbing mahasiswa yang bersangkutan.

CATATAN : Segala yang berkaitan dengan Semester Pendek perlu melihat regulasi Dikti dan Pedoman Akademik Fakultas hukum Perguruan tinggi lain.

3. Waktu dan Bentuk Ujian.

a. Lama waktu ujian setiap mata kuliah pada UTS dan UAS ditentukan sesuai dengan bobot SKS mata kuliah dan jenis ujiannya.

No.

Bobot

Lama Waktu

1.

2 SKS

60 s.d 75 menit

2.

3 SKS

75 s/d 90 menit

3.

4 SKS

90 s/d 120 menit

b. Jumlah dan bobot soal ujian disesuaikan dengan waktu ujian.

c. Bentuk ujian dapat berupa ujian tertulis atau lisan.