You are here Akademik Status Mahasiswa

Status Mahasiswa

A. Mahasiswa Aktif

1. Mahasiswa yang terdaftar (adalah mahasiswa yang telah registristrasi pada semester tertentu) dan atau telah registrasi pada semester tertentu tahun akademik berjalan.

2. Memiliki hak-hak penuh sebagai mahasiswa UNISSULA

3. Jumlah kredit (SKS) yang diprogramkan mahasiswa yang aktif kembali karena cuti akademik (atas izin rektor) sesuai dengan jumlah kredit (SKS) yang diperkenankan sebelum cuti akademik.

 

B. Cuti Akademik

1. Merupakan penghentian sementara studi atas permohonan mahasiswa yang diizinkan dan bukan kerena sanksi akademik.

2. Cuti akademik tidak boleh lebih dari dua semester berturut-turut dan jumlah cuti akademik maksimal sampai enam semester.

3. Cuti Akademik tidak diperhitungkan dalam batas masa studi

4. Permohonan cuti akademik diajukan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

5. Permohonan cuti akademik diajukan pada saat registrasi dan paling lambat pada masa batal tambah semester yang bersangkutan dengan disertai kewajiban melakukan registrasi tiap semester.

6. Tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan akademik dan kemahasiswaan.

7. Perubahan status mahasiswa aktif ke status cuti akademik dan sebaliknya hanya dapat dilakukan pada masa registrasi dan paling lambat pada masa batal tambah dalam semester yang bersangkutan.

8. Hak cuti akademik diberikan kepada mahasiswa aktif dan tidak diperhitungkan sebagai masa studi.

9. Permohonan cuti akademik diajukan dan akan diproses sesuai dengan waktu yang tercantum pada kalender akademik UNISSULA pada tahun berjalan.

10. Permohonan cuti akademik diajukan kepada rektor dengan dilampiri persyaratan-persyaratan lain yang telah ditentukan pada bagian Biro dministrasi dan Kemahasiswaan Universitas dan atau bagian pengajaran dan administrasi fakultas.

11. Mahasiswa yang mengambil cuti akademik di wajibkan untuk membayar registrasi sesuai angkatannya.

 

C. Izin Aktif (Kembali)

1. Mahasiswa yang akan aktif kembali harus mengajukan surat permohonan aktif kembali melalui biro administrasi dan kemahasiswaan universitas dengan tembusan ke dekan pada masa pengisian KRS sesuai ketentuan kalender akademik.

2. Jumlah kredit (SKS) yang diperkenankan adalah jumlah kredit (SKS) terakhir sebelum cuti akademik dengan menunjukkan KRS terakhir.

 

D. Non Aktif.

1. Mahasiswa yang tidak terdaftar sebagai mahasiswa aktif atau tidak melakukan registrasi pada satu atau lebih semester tanpa seizin rektor dan atau dekan.

2. Tidak dapat menggunakan hak-haknya sebagai mahasiswa UNISSULA sebagaimana mahasiswa aktif.

3. Bila hendak aktif kembali diwajibkan memenuhi persyaratan administrasi dan pengambilan sks maksimal 12 sks.

4. Lama waktu nonaktif diperhitungkan sebagai masa (aktif) studi.

 

E. Admisi.

1. Adalah perpindahan mahasiswa yang berasal dari luar UNISSULA atau luar fakultas hukum UNISSULA masuk/pindah ke fakultas hukum UNISSULA atau mahasiswa yang dari fakultas hukum UNISSULA pindah ke lain perguruan tinggi (selain UNISSULA) atau fakultas lain (bukan fakultas hukum) di lingkungan UNISSULA.

2. Calon mahasiswa dapat diterima sebagai mahasiswa fakultas hukum UNISSULA sesuai peraturan daya tampung fakultas hukum UNISSULA memungkinkan.

3. Persyaratan untuk dapat diterima sebagai mahasiswa fakultas hukum UNISSULA bagi mahasiswa admisi adalah sebagai berikut :

a. Fakultas asal calon mahasiswa berstatus terakreditasi.

b. Mengajukan permohonan kepada Rektor UNISSULA dengan dilampiri ijasah SMA/sederajat yang dilegalisir oleh yang berwenang.

c. Menyerahkan daftar nilai terakhir dari perguruan tinggi/fakultas asal.

d. Surat rekomendasi dari perguruan tinggi/fakultas asal.

e. Surat keterangan dari Kopertis Wilayah IV (satu wilayah dengan UNISSULA) akan diajukan permohonannya oleh UNISSULA.

f. Permohonan yang masuk akan diajukan pula ke dekan untuk dimintakan pertimbangannya.

g. Dekan fakultas hukum UNISSULA berhak menentukan mata kuliah dan kredit yang telah didapat dan yang wajib diambil serta kemudian melaporkannya kepada Rektor UNISSULA untuk disetujui dan diarsipkan pada bagian biro administrasi dan kemahasiswaan universitas.

h. Dalam hal mahasiswa yang akan keluar atau pindah ke perguruan tinggi lain atau fakultas lain (selain fakultas hukum UNISSULA) diwajibkan melaporkan kepada rektor melalui surat permohonan keluar/pindah dengan tembusan dekan yang dilampiri dengan bukti penyelesaian administrasi seperti biaya perkuliahan, bebas perpustakaan dan lain-lain yang berhubungan dengan hal tersebut.

i. Persyaratan lain yang belum diatur akan ditentukan kemudian oleh Keputusan Rektor).